8 Hal Sebelum Memulai Bisnis Online

Bisnis Online merupakan cara menghasilkan dollar lewat internet dengan mudah tanpa harus pergi jauh ke negeri china untuk belajar mendapatkan dollar dari Internet, namun sebelum anda terjun ke dalam bisnis modern ini ada baiknya anda harus memiliki kemampuan yang akan saya share di bawah ini diantaranya :

1. Kemampuan untuk menggunakan komputer dan internet
Ini adalah kemampuan dasar yang hukumnya wajib untuk dikuasai. Mulai dari sekedar menggunakan program perambah web, membuat dan mengirim email, menggunakan messenger, menggunakan teks editor, dan sebagainya. Yang bersifat umum deh pokoknya.
2. Kemampuan berbahasa Inggris
Bagi saya ini juga merupakan basic skill yang sebaiknya dikuasai. Tidak perlu sampai harus bisa ngobrol dengan bule segala, at least, kalau disuruh daftar ke sebuah program luar, gak bingung cara ngisi form pendaftarannya. Salah satu sarana belajar bahasa Inggris yang saya rekomendasikan adalah di sini.
3. Kemampuan menulis atau copywriting
Sebagian besar bisnis internet akan bersinggungan dengan skill ini. Monetisasi blog (terutama paid review), affiliate marketing, digital product creation, dan sebagainya. Sebuah investasi yang berharga deh pokoknya.
4. Kemampuan berkomunikasi
Baik verbal maupun lisan. Meskipun yang kita hadapi langsung adalah sebuah kotak layar monitor, namun bukan berarti kita tidak berhubungan sama sekali dengan sesama manusia. Bahkan blog monetizing pun ada kalanya menuntut kita untuk mampu berkomunikasi dengan baik.
5. Kemampuan pemasaran atau marketing
Namanya aja sudah ‘bisnis’ internet, ya sudah pasti gak jauh-jauh dari urusan promosi dan pemasaran. Dengan menguasai marketing skill, Anda bisa lebih memahami konsumen Anda dan tahu cara untuk mengembangkan produk dan diri Anda. Dan FYI, ini tidak terbatas pada affliate marketing saja, pada monetisasi blog pun kita bisa menerapkan tehnik-tehnik pemasaran. We’ll talk about this in detail next time.
6. Kemampuan desain grafis
Tidak mutlak, tapi akan sangat membantu Anda. Setidaknya, Anda tahu cara untuk membuat banner atau header sederhana.
7. Kemampuan membuat web
Baik menggunakan CMS atau membangun sendiri secara manual, skill ini merupakan salah satu investasi yang berharga. Tentu saja mencakup penguasaan terhadap bahasa HTML, CSS, dan sejenisnya ya. Kenapa? Karena setidaknya jika ada hal-hal kecil yang ingin Anda lakukan terhadap situs Anda, Anda tidak perlu lagi menyewa jasa orang lain untuk melakukannya. Hemat biaya, hemat waktu.
8. Kemampuan SEO
Bukan karena saya menjual produk mengenai SEO, namun penguasaan mengenai tehnik-tehnik SEO merupakan sebuah modal berharga yang akan sangat berguna apabila bisnis internet yang Anda lakukan banyak berhubungan dengan situs web. Sama seperti kemampuan membuat web, Anda juga dapat menghemat banyak biaya dengan meng-DIY-kan proses optimasi mesin pencari terhadap situs Anda.

Kalau anda telah memenuhi beberapa kriteria yang diatas, saya pikir anda akan tahu bagaimana cara menghasilkan dollar lewat internet tanpa perlu menunggu hingga anda menguasai semuanya untuk memulai.

Jadi,semoga artikel tentang 8 Hal Sebelum Memulai Bisnis Online bisa bermanfaat.

0 Response to "8 Hal Sebelum Memulai Bisnis Online"

Post a Comment