Manfaat dan Kegunaan Google Adwords

Cara Membuat Account Google Adwords. Sebenarnya caranya sama dengan membuat email. Saran saya untuk Membuat Account Google Adwords buat saja dulu account email google. Karena secara otomatis nanti akan terhubung ke account Google Adwords. Pake email yang lain juga bisa. Tinggal pilih mau menggunakan yang mana. Sepengalaman saya google mail ya untuk Google Adwords. Tinggal buat saja accountnya di mail.google.com.
Berikut langkah-langkah Membuat Account Google Adwords :
  1. Buka website http://adwords.google.com
  2. Lalu Klik tombol ‘Start Now‘ 
  3. Jika anda telah memiliki Account Gmail, pilih ‘I have an email address and password I already use with Google services like AdSense, Gmail, Orkut, or iGoogle‘‘
  4. Bila anda sudah mempunyai email untuk adwords, pilih ‘I’d like to use my existing Google account for AdWords.‘ Namun bila anda belum mepunyai email untuk adwords, pilih ‘I’d like to choose a new login name and password just for AdWords.‘
  5. Klik tombol ‘Create Account‘
  6. Setting Time zone dan Currency
  7. Check email anda, kemudian klik link yang dikirim oleh google sebagai aktivasinya
  8. Klik menu ‘Sign into your Adwords account‘ untuk membuat Campaign baru
  9. Klik tombol ‘Create your first campaign‘
  10. Buat iklan dan masukkan keyword sesuai dengan niche anda
  11. Klik tombol ‘Save and continue to billing‘ untuk memasukkan kode adwords
Sekarang tinggal bagaimana cara menggunakan voucher adwords ? Disitu menyediakan Voucher Adwords dengan berbagai nominal. Ada $50, $75 dan $100. Silahkan pelajari di sini untuk order.
Coba perhatikan langkah berikut :

  1. Login di google adwords
  2. Masukkan user dan password
  3. Cari dan click Menu Billing, pilih preference
  4. Dibagian bawah cari kata-kata Do you a promotion code ? Enter it here
  5. Nah coba deh click Enter it here
  6. Masukkan kode voucher yang anda miliki
  7. Jika sudah selesai, click button Continue atau Save
Tool keyword research yang satu ini disediakan Google untuk membantu pengguna Google AdWords dalam mengestimasi volume pencarian kata kunci dan kompetisi iklan untuk kata kunci tersebut.

Berikut kegunaan dari Google Adwords Keyword Tool ini? Tool ini merupakan tool yang disediakan oleh google, agar pemasar dan pelaku bisnis di internet bisa melakukan riset untuk mengetahui:

Daftar keyword (keyword = kata pencarian yang diketikkan orang di kotak search engine) yang bisa Anda gunakan untuk beriklan di Google Adwords, agar calon pemasang iklan bisa mengetahui keyword apa saja yang akan ditargetkan agar dimunculkan iklannya.

Memberikan informasi berapa banyak volume pencarian perbulan untuk sebuah keyword yang terjadi di search engine google, hal ini berguna untuk melakukan bid atau melakukan optimasi website SEO agar terdaftar di keyword yang potensial dan memiliki volume traffic perbulannya.

Memberikan daftar keyword seputar bisnis internet yang Anda jalankan yang bisa berupa long tail keyword = keyword yang panjang. Keyword yang panjang ini sebenarnya bisa Anda gunakan sebagai nama judul postingan Anda di blog bila Anda mau menulis artikel di blog Anda, sehingga Anda tidak perlu susah-sudah memikirkan judul artikel bila Anda memang melakukan bid agar website Anda dimunculkan di keyword tersebut.

Bagi yang belum membeli nama domain dan mau menggunakan keyword sebagai nama domain, bisa menggunakan google adwords keyword tool ini untuk memilih nama domainnya. Contoh adinsong.com (nama domain ini sudah didaftarkan orang sejak lama). Mengunakan keyword sebagai nama domain akan semakin memudahkan website Anda untuk ditampilkan di keyword sesuai dengan nama domain Anda tanpa perlu susah-susah melakukan SEO.

Cara mendaftar di google adwords sangatlah mudah seperti yang sudah dijelaskan diatas, dalam Google Adwords juga ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk memasang iklan yaitu dengan menggunakan CPC dan CPM.

Dimana CPC adalah cost per click jadi Anda akan membayar iklan Anda bilamana iklan Anda yang sudah muncul dimesin pencari google atau search engine dan para pengguna internet meng-klik iklan Anda dan dari situlah Anda harus membayar biaya iklan Anda.

Sedangkan untuk CPM, iklan Anda akan dibebankan biaya dari jumlah tayang, maksudnya jika jumlah tayang iklan Anda sudah mencapi seribu kali, maka Anda akan dikenakan biaya iklan Anda.
Lalu apakah tujuannya membuat iklan di Google Adwords ini ?
Tujuannya adalah pemasangan iklan di Google Adwords adalah untuk mencari pelanggan baru yang sedang melakukan internet atau mencari sesuatu, mengingat bahwa google.com merupakan mesin pencari dengan skala yang besar.

Lalu apa keunggulan dari Google Adwords itu sendiri ?

Jawabannya adalah dengan Google Adwords si pengiklan dapat membuat iklan sendiri serta dapat memilih

kata kunci yang sesuai dengan iklan yang ditawarkan.

Terakhir apa keuntungan yang ditawarkan dari Google Adwords ?
Bilamana Anda membuat iklan di google Anda dapat menentukan iklan yang sesuai dengan badget Anda sendiri, hal ini bisa dimanfaatkan bagi para pelaku bisnis yang berskala kecil atau mengenah.

Semoga Artikel tentang Manfaat dan Kegunaan Google Adwords bisa menambah wawasan anda untuk beriklan yang bijak.

2 Responses to "Manfaat dan Kegunaan Google Adwords"